Jangan Takut! Begini Cara Aman Membeli Rumah Indent

Jangan Takut! Begini Cara Aman Membeli Rumah Indent

Jangan Takut! Begini Cara Aman Membeli Rumah Indent – Membeli rumah dari developer memang lebih menjanjikan. Selain karena lebih praktis, anda juga hanya tinggal terima jadi karena segala hal sudah dilakukan oleh pihak developer seperti lokasi dan desain rumah. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang berani membeli unit rumah dari developer meskipun rumahnya belum dibangun alias masih indent.

Ditambah lagi dengan harga rumah indent yang lebih murah daripada unit siap huni membuat rumah indent semakin diminati meskipun nantinya harga akan kembali naik. Alasan dibalik developer yang menjual rumah indent tidak lain adalah untuk menghemat dan meringankan biaya konstruksi karena sebagian biaya konstruksi ditanggung oleh calon penghuni.

Disisi pembeli, membeli rumah indent memberikan mereka keuntungan dan kebebasan untuk memodifikasi rumah tersebut langsung kepada developer. Sayangnya kekurangan membeli rumah indent adalah pembeli tidak bisa langsung menempati rumah yang dibeli karena masih harus menunggu sampai rumah siap dibangun.

Tak hanya itu, biasanya juga hasil akhir rumah yang dibangun seringkali berbeda dengan yang ada di brosur. Artinya, anda harus siap apabila rumah yang dibangun nantinya berbeda dengan ekspektasi anda.

Bahkan lebih parahnya lagi terdapat resiko pembangunan rumah yang telat dari waktu yang telah ditentukan atau bahkan developer melarikan diri. Nah, bagi anda yang berencana membeli rumah indent, jangan takut jika sudah mengetahui cara aman membeli rumah indent seperti dibawah ini.

Baca Juga :


Begini cara aman membeli rumah indent

Cek profil developer

Cara paling mudah agar aman dalam membeli rumah indent adalah pastikan untuk memeriksa dahulu profil developer yang menawarkan propertinya. Perlu diketahui, developer yang sudah profesional pasti tidak akan mengecewakan calon konsumennya. Anda bisa mengetahuinya dari rekam jejak developer atau dari surat izin usaha yang dimiliki.

Cek status tanah

Cara lain adalah dengan menelusuri kepemilikan tanah dari sertifikatnya. Biasanya status tanah dan bangunan yang dibangun oleh developer profesional adalah SHM (Sertifikat Hak Milik) atau SHGB (Sertifikat Hak Guna Bangunan).

Itulah cara aman membeli rumah indent. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *