Ini Keuntungan Beli Rumah Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Ini Keuntungan Beli Rumah Dengan BPJS Ketenagakerjaan

Ini Keuntungan Beli Rumah Dengan BPJS Ketenagakerjaan – Salah satu mimpi terbesar tiap orang saat ini pastinya mempunyai rumah sendiri. Namun dengan harga rumah dijual di surabaya yang kini semakin tinggi membuatnya semakin susah dibeli oleh sebagian kalangan terutama kalangan menengah ke bawah.

Sangkin tingginya harga rumah sekarang, membuat daya beli rumah di masyarakat menjadi menurun. Namun tahukah anda jika anda tetap bisa membeli rumah dengan menggunakan BPJS Ketenagakerjaan?

Ya, BPJS Ketenagakerjaan menyediakan fasilitas Pemberian Uang Muka Perumahan (PUMP) yang ditujukan bagi anda yang sudah tergabung sebagai peserta untuk memudahkan anda memiliki rumah melalui KPR.

Baca Juga : Berikut Tips Mudah Membersihkan Akuarium di Rumah

Berikut keuntungan beli rumah dengan BPJS ketenagakerjaan

1. Mendapat pinjaman uang muka

Bagi anda yang tidak memiliki dana untuk membayar uang muka pada saat membeli rumah melalui KPR, pinjaman ini akan diberikan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Pinjaman ini sendiri dikhususkan bagi anda yang berpenghasilan di bawah UMP atau lebih tepatnya bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

2. Bantuan kredit

BPJS-TK juga memberikan bantuan kredit yang terbagi menjadi dua jenis yakni, subsidi dan non-subsidi.

KPR subsidi sendiri diberikan jika harga rumah yang dibeli sesuai dengan ketentuan pemerintah yakni maksimal pembiayaan KPR Pinjaman Uang Muka (PUM) sampai 99% dan suku bunga 5% atau sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Sedangkan untuk KPR non-subsidi, ditujukan khusus rumah dengan harga maksimal Rp500 juta. Skema pembiayaan KPR PUM juga besar yakni hingga 90% dengan suku bunga sesuai dengan BI rate yakni sebesar 3%.

Apabila dibandingkan dengan program pembiayaan pembelian rumah lainnya, tentu saja program dari BPJS-TK ini sangat membantu terutam bagi masyarakat kurang mampu untuk memiliki rumah sendiri.

Berikut ketentuan, persyaratan dan kelebihan dari beli rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan.

1. Sudah terdafatar di BPJS-TK

Sebelum mengajukan program kepemilikan rumah diatas, anda harus terdaftar dahulu sebagai peserta BPJS-TK minimal 1 tahun.

2. Besaran pinjaman

Pinjaman ini sebenarnya ditujukan bagi MBR (Masyarakat Berpenghasilan Rendah). Namun jika gaji anda diatas UMP, anda tetap bisa menikmati fasilitas tersebut. Besaran bantuan pinjaman ini tentu berbeda dan disesuaikan dengan besaran gaji anda.

3. Bunga cicilan

Bunga cicilan yang diberikan dalam program BPJS-TK ini hanya 6% saja loh. Bunga tersebut tergolong ringan apabila dibandingkan dengan bunga pinjaman dari bank atau program lainnya.

4. Syarat pengajuan

Jika anda berencana untuk mengikuti progam ini, persyaratan yang diperlukan adalah surat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa anda belum memiliki rumah, perusahaan atau kantor tempat anda bekerja bersedia menjadi penanggung jawab pengurusan PUMP, dan rekomendasi untuk anda kepada BPJS-TK.

Setiap pengajuan yang diterima oleh pihak BPJS-TK akan diajukan kepada pihak bank yang nantinya akan membiayai KPR anda. Namun jika proses KPR ditolak, maka bantuan dana untuk uang muka juga otomatis akan dibatalkan.

Namun anda tetap dapat mengajukan permohonan ulang dengan memenuhi semua syarat yang diperlukan.

5. Dilarang menjual

Apabila pengajuan anda diterima oleh pihak bank, anda tidak boleh menjual rumah tersebut kembali selama masih dalam masa cicilan. Sekarang BPJS-TK juga sudah menerapkan sistem baru yakni holding period dimana mengatur masa huni minimal agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Tak hanya itu, anda juga dilarang untuk menjual rumah tersebut kepada pihak ketiga. Jika anda tetap ingin menjual rumah tersebut, anda harus menjualnya ke pihak BPJS-TK kembali agar dapat disalurkan kepada yang lebih membutuhkan.

6. Lama cicilan

Masa waktu cicilan KPR dari program BPJS-TK adalah maksimal 15 tahun.

Itulah keuntungan beli rumah dengan BPJS Ketenagakerjaan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *