Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memakai Jasa Agen Properti

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memakai Jasa Agen Properti

Hal Yang Harus Diperhatikan Ketika Memakai Jasa Agen Properti – Jasa agen properti saat ini semakin banyak digunakan baik dalam menjual ataupun dalam membeli properti. Tidak hanya rumah, agen properti di Batam juga bisa membantu menjual ataupun mencari properti jenis apapun sesuai dengan kebutuhan klien. Namun anda perlu lebih cermat dalam memilih agen properti yang baik loh.

Jangan sampai salah memilih dan akhirnya menyesal karena hasil yang diinginkan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Memang benar, menggunakan jasa agen properti profesional memiliki banyak keuntungan seperti lebih hemat waktu dan dan tidak perlu repot menangani calon pembeli yang ada karena akan ditangani langsung oleh agen properti.

Tak hanya itu, sebagai seorang agen properti yang profesional, pastinya mereka memiliki jaringan pemasaran yang luas. Dengan begitu, properti anda tentu akan lebih cepat terjual jika menggunakan jasa agen properti di Medan. Mudah bukan?

Meski memiliki banyak keuntungan yang sangat membantu, masih ada hal yang harus anda perhatikan ketika memakai jasa agen properti. Lantas, apa saja hal yang harus diperhatikan ketika memakai jasa agen properti untuk membantu menjual properti yang dimiliki?

Baca Juga :


Berikut hal yang harus diperhatikan ketika memakai jasa agen properti

Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah memastikan hak dan kewajiban kedua belah pihak pada perjanjian yang dibuat. Umumnya, pihak agenlah yang akan mengurus segala pemasaran properti anda baik itu biaya iklan hingga calon pembeli yang akan datang.

Pastikan jangka waktu penjualan yang terdapat pada perjanjian. Biasanya jangka waktu selama 3 bulan. Namun jika properti anda terjual dalam periode waktu tersebut, maka adil jika agen properti tersebut mendapatkan komisinya meskipun properti anda terjual tidak melalui agen. Hal tersebut karena pihak agen telah mengeluarkan biaya iklan dan pemasaran properti anda.

Penentuan harga properti yang akan dijual semuanya berada di tangan anda. Jika adan pergantian harga ataupun penawaran harga, semuanya harus berdasarkan persetujuan anda selaku pemilik properti.

Pastikan besaran komisi yang akan diterima oleh agen pada perjanjian yang dibuat pada awal kesepakatan kerja sama agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Jangan pernah memberikan sertifikat asli properti anda kepada pihak agen. Cukup berikan saja salinan fotokopi yang sudah diberi tanda silang ditengahnya.

Pastikan contact person dari agen properti tersebut jelas. Anda juga bisa mengecek apakah agen tersebut adalah anggota AREBI (Asosiasi Real Estat Broker Indonesia) atau bukan. Sebaiknya pilihlah agen properti terbaik di Medan yang merupakan anggota AREBI agar lebih terjamin dan bisa dikontrol apabila anda mengalami kerugian.

Apabila anda masih ragu akan isi perjanjian tersebut, anda bisa berkonsultasi pada pakar ataupun konsultan hukum.

Itulah hal yang harus diperhatikan ketika memakai jasa agen properti. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *