Berikut Tips Mudah Membersihkan Akuarium di Rumah

Berikut Tips Mudah Membersihkan Akuarium di Rumah

Berikut Tips Mudah Membersihkan Akuarium di Rumah – Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendekorasi suatu ruangan di rumah. Salah satunya adalah dengan menempatkan akuarium di dalam rumah. Menurut beberapa penelitian, melihat gerak-gerik ikan di akuarium dapat mengurangi kadar stres. Oleh karena itu, bagus bagi anda yang memiliki sejumlah aktivitas di rumah untuk memiliki akuarium dan memelihara ikan di rumah agar tidak mudah stres.

Namun kebersihan akuarium juga harus diperhatikan. Bisa-bisa bukannya menurunkan kadar stres, namun malah bisa jadi stres karena akuarium yang kotor. Akuarium sendiri perlu dibersihkan setidaknya sebulan sekali. Seperti yang kita ketahui, ikan membutuhkan oksigen untuk hidup. Apabila air akuarium dalam keadaan kotor, oksigen akan sulit diperoleh.

Akuarium sendiri berfungsi sebagai dekorasi atau penghias suatu ruangan. Namun jika kaca akuarium dalam keadaan kotor, berlumut ataupun berkerak, fungsi dari akuarium pun akan hilang.

Sebenarnya membersihkan akuarium tidak terlalu susah. Anda tetap bisa membersihkan akuarium anda tanpa mengotori rumah dengan tips di bawah ini.

Baca Juga : Berikut Aturan Menyimpan Makanan di Kulkas Yang Baik dan Benar

Berikut tips mudah membersihkan akuarium di rumah

1. Ganti air akuarium

Perlu diketahui bahwa mengganti air akuarium tidak boleh seluruhnya diganti. Apabila anda mengganti semua air sekaligus, hal ini dapat memicu stres bahkan kematian pada ikan karena perubahan kondisi yang drastis pada kondisi air.

Gantilah 15% air sebulan sekali. Namun apabila air akuarium cukup keruh dan sudah lama tidak di ganti, anda bisa mengganti 25-50% air dalam akuarium.

2. Bersihkan akuarium tanpa dikuras

Jika pada kaca akuarium terdapat lumut, ada cara mudah untuk membersihkannya dengan tanpa menguras air di dalam akuarium. Anda bisa menggunakan alat pembersih kaca akuarium khusus yang terbuat dari magnet. Alat ini dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko ikan dan akuarium.

Cara membersihkannya cukup mudah. Tempelkan kedua magnet disisi luar dan dalam akuarium. Dengan begitu anda bisa menarik sisi yang terdapat diluar akuarium untuk menggerakkan pembersih dibagian dalam.

Namun perlu diingat untuk tidak terlalu dekat dengan area dasar akuarium agar magnet tidak menangkap pasir.

3. Hilangkan kerak

Biasanya kerak pada kaca akuarium terbentuk di atas permukaan air. Nah untuk menghilangkan kerak pada kaca akuarium, anda bisa memanfaatkan bahan dapur seperti jeruk nipis dan baking soda.

Belah jeruk nipis kemudian taburkan dengan baking soda. Setelah itu gosokkan pada area kaca yang berkerak dan diamkan beberapa saat kemudian bilas hingga bersih.

4. Perhatikan peralatan yang digunakan

Agar proses pembersihan akuarium lebih maksimal dan mudah dilakukan, sebaiknya gunakan sarung tangan karet yang tidak mengandung bahan kimia karena dapat membahayakan ikan. Hindari juga penggunaan sikat ataupun spons dari dapur karena beresiko terdapat residu dari deterjen ataupun sabun cuci yang memiliki bahan kimia.

5. Bersihkan dekorasi akuarium

Tak hanya kaca akuarium saja yang perlu dibersihkan, dekorasi yang ada di dalam akuarium juga perlu diperhatikan. Anda bisa menggunakan algae pad yang dapat ditemukan di toko akuarium untuk membersihkan dekorasi dalam akuarium. Pastikan untuk tidak membersihkan dekorasi akuarium dengan sabun karena dapat membahayakan ikan.

6. Ganti saringan air

Pastikan juga untuk rutin membersihkan saringan air pada akuarium setidaknya satu minggu sekali atau menggantinya dengan yang baru sebulan sekali. Apabila tidak dibersihkan atau diganti, karbon yang terdapat pada saringan air dapat membahayakan kesehatan ikan.

Itulah tips mudah membersihkan akuarium di rumah. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *