Berikut Aturan Menyimpan Makanan di Kulkas Yang Baik dan Benar

Berikut Aturan Menyimpan Makanan di Kulkas Yang Baik dan Benar

Berikut Aturan Menyimpan Makanan di Kulkas Yang Baik dan Benar – Penyimpanan makanan di kulkas di rumah dijual di bandung tidak boleh sembarangan dan terdapat aturan penyimpanan yang benar. Sayangnya masih banyak orang yang kerap melakukan kesalahan ketika hendak menyimpan makanan di kulkas.

Jika hal ini dibiarkan terus menerus, makanan ataupun minuman yang disimpan di kulkas akan mudah rusak dan membusuk. Untuk menyiasati ha tersebut, terdapat beberapa teknik yang dapat dilakukan untuk menjaga kualitas makanan yang disimpan di dalam kulkas agar tetap segar.

Tak hanya itu, ada juga hal-hal yang harus diperhatikan agar makanan yang disimpan di kulkas tidak mudah rusak seperti bagaimana cara mencegan makanan yang disimpan di kulkas agar tidak rusak atau basi, bagaimana tipe wadah yang sebaiknya digunakan hingga berapa lama waktu bertahan makanan tersebut agar tidak basi.

Oleh karena itu, terdapat beberapa aturan untuk menyimpan makanan di kulkas yang baik dan benar seperti di bawah ini.

Baca Juga : Tips Agar Cat Dinding Di Luar Rumah Tahan Lama

Berikut Aturan Menyimpan Makanan di Kulkas Yang Baik dan Benar

1. Daging, ikan dan unggas

Agar daging, ikan dan unggas tetap segar ketika disimpan di kulkas, pastikan sudah tertutup rapat di dalam kemasan atau anda bisa membungkus ulang daging tersebut dengan menggunakan plastik bungkus PP (Polypropylene) agar tidak terkena bakteri.

Apabila daging yang dibeli tidak beralas styrofoam, anda bisa menggunakan piring sebagai alas kemudian dibungkus dengan plastik PP.

2. Produk olahan susu

Untuk produk seperti keju, yogurt, krim asam dan butter yang masih dalam kemasan ketika dibeli bisa dibiarkan saja. Namun jika sudah dipindahkan ke wadah lainnya, jangan dikembalikan ke wadah kemasan lagi. Pastikan juga untuk menutup rapat wadah yang baru dengan plastik bungkus PP agar tetap steril dan terjaga kesegarannya.

Kalau untuk keju, pastikan untuk meletakkannya di wadah yang tertutup rapat atau anda bisa menggunakan aluminium foil untuk membungkusnya. Untuk produk susu, kemasan botol cenderung lebih steril ketimbang kemasan karton.

Perlu diketahui, susu berkemasan karton beresiko membuat bakteri berkembang di sekat kardus dan tentunya bisa masuk ke gelas minum anda ketika menuangkan susu. Namun, jika anda mengonsumsi susu tersebut pada jangka waktu yang masih ditentukan, maka aman-aman saja mengonsumsi susu yang berkemasan karton.

3. Buah dan sayur-sayuran

Buah dan sayur-sayuran sebaiknya disimpan terpisah sesuai dengan jenisnya seperti apel dengan apel dan wortel dengan wortel karena buah dan sayuran dapat mengeluarkan gas yang berbeda dan beresiko merusak kualitas satu sama lain.

Simpan juga buah dan sayuran yang mudah mengering pada wadah yang tidak tertutup rapat atau anda juga bisa memanfaatkan plastik yang dilubangi agar sirkulasi udara pada buah terjaga dan memastikan buah tetap lembap.

Pastikan juga untuk tidak mencuci buah dan sayuran sebelum dimasukkan ke kulkas karena sisa air pada buah dan sayur dapat menyebabkan buah dan sayur mudah lembek dan cepat busuk.

Itulah aturan menyimpan makanan di kulkas yang baik dan benar. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *